Sidang Perdana Kasus Ahok, Polisi Buat Pengamanan Bersekat


Ahok
SO - Kepolisian bekerja keras untuk mengamankan sidang kasus penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pengadilan Ahok akan digelar PN Jakarta Utara di Gedung PN Jakpus di Jalan Gajah Mada, Selasa, pukul 10.00 besok.

Menurut Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, intinya bagi Polri ada empat sasaran yang dituju termasuk semua manusia dan lokasi. Pengamanan akan dibuat bersekat mulai ring 1,2,3,4 supaya sidang bisa berlangsung dengan baik.

"Besok digelar sidang perdana dalam hal ini pengadilan telah meminta permohonan pengamanan bagi anggota hakim dan pengunjung serta lokasi yang ada. Tentu kapasitas (pengamanan) oleh Polda Metro Jaya yang menurunkan personilnya," kata Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, sebagaimana dilansir beritasatu.com, Senin, 12 Desember 2016.

Personil itu untuk melakukan pengamanan. Polanya terbuka dan tertutup. Personil yang terbuka bisa diketahui identitas, persenjataan, dan atribut kepolisian. Sedangkan personil yang tertutup tentu tidak bisa diketahui karena tidak berseragam dan berbaur dengan pengunjung.

"Kapasitas pengunjung maksimal 100 orang dan tentu masyarakat diimbau (cukup yang) mewakili saja yang akan hadir. Apabila akan hadir (dan tidak bisa masuk ruang sidang) disiapkan televisi di beberapa titik di luar gedung sidang," tambahnya.

Ia mengatakan, jumlah personil pengamanan sangat dinamis karena melihat dinamika, kondisi (di kertas) membutuhkan personil yang banyak dan bisa jadi tidak sama ketika nanti di lapangan.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menurunkan 86 personel polisi lalu lintas (Polantas) untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

"Kekuatan yang dilibatkan dari Ditlantas Polda Metro Jaya berjumlah 86 personel, ditambah petugas rutin dari wilayah (Polres Jakarta Pusat)," ujar Kepala Bidang Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto di Jakarta, Senin2016.

Dikatakanya, anggota ditempatkan di sekitar gedung PN Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, persimpangan jalan dan akses jalan menuju gedung pengadilan.

"Seperti TL (Traffic Light) Limo, putaran Pos Kota, Gedung Pembangunan, TL Roxy, TL Holand Bakery, depan pengadilan, TL Petojo, TL Asemka, TL Ketapang, Pertigaan Lion, TL Harmoni, TL Patung Kuda, jembatan dan Gang Alydrus," ungkapnya.

Ia menyampaikan, pengalihan arus bersifat situasional bergantung situasi di lapangan. Kalau jumlah pengunjung banyak dan membuat kemacetan, akan dilakukan pengalihan arus. 

"Pengalihan arus bersifat situasional," katanya. (is)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan

Iklan Bawah Artikel

Iklan